5 Keuntungan membuat Simulasi di HYSYS

Simulasi HysysSeperti yang kita tahu, penggunaan Hysys memiliki tujuan bagi seorang Process engineer baik di site maupun engineer yang sedang berada diluar site diantaranya membuat permodelan persamaan secara kuantitatif dari fasilitas pemrosesan dengan menggunakan sebuah program computer, yaitu Hysys. Contohnya mengetahui neraca massa maupun neraca energy dari suatu proses, kemudian juga menganalisis hubungan kesetimbangan pada berbagai aliran. Setelah seorang Process Engineer memasukan input yang sesuai, maka Hysys akan memberikan output berupa prediksi yang mendekati hasil real, diantaranya : output aliran yang terdiri dari laju aliran, komposisi dan properti fisik aliran tersebut ; output kondisi unit operasi yang sedang berjalan ; perancangan awal peralatan ; dan pertimbangan-pertimbangan yang akan terjadi apabila suatu proses tersebut berjalan. Nah, tadi yang telah disebutkan lebih ke fungsi dari Hysys nya sendiri. Apakah kalian tahu bahwa melakukan simulasi juga penting? Berikut merupakan keuntungan membuat simulasi terlebih dahulu sebelum proses dijalankan :

1. Mengurangi waktu desain proses

Simulasi Hysys

 

Seorang process engineer dapat melakukan percobaan dalam berbagai konfigurasi di plant dengan cepat, karena hanya membutuhkan Hysys untuk membuat simulasinya, tidak perlu untuk merubahnya di plant secara langsung. Sehingga waktu desain proses yang dibutuhkan lebih cepat dana man tanpa adanya perubahan konfigurasi proses secara langsung

 

2. Membantu meningkatkan kinerja proses yang sudah ada di Plant

Simulasi Hysys

Seorang engineer membuat simulasi bukan hanya untuk mengetahui output yang diinginkan saja, namun dari simulasi tersebut seorang engineer dapat melakukan experiment dalam plant, contohnya membuat “what if analysis” dalam sistem, sehingga seorang engineer dapat menentukan proses mana yang lebih optimal dan menguntungkan untuk di jalankan dengan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses.

 

3. Membantu dalam pengoperasian di plant

Simulasi Hysys

Seorang engineer terlebih dahulu membuat simulasi untuk membantu jalannya melakukan pengoperasian di pabrik, seperti menjalankan studi “process safety” , “emission” dan melakukan analisis pada peralatan-peralatan proses seperti compressor, kolom dan lain sebagainya.

 

4. Pengembangan Desain Proses

Seorang engineer dapat mengembangkan desain proses yang baru ataupun yang sudah ada dengan melakukan eksperimen dalam simulasi tersebut, mulai dari sistem yang berkaitan dengan neraca massa dan neraca energy, desain peralatannya dan studi pada saat operasi.

Process Engineer

5. Mengoptimalisasi kinerja Plant dengan permodelan secara real time

Simulasi Hysys

Seorang engineer dapat membuat simulasi, dengan kondisi operasi yang sama ataupun mirip yang sedang terjadi atau “real time”, sehingga dapat diprediksi set point yang optimum dengan mengontrol variable-variabel control dalam plant tersebut.