Panduan Belajar Hysys dasar 1 kali belajar langsung Bisa!

Panduan belajar Aspen Hysys materi dasar

Belajar Hysys Gratis

Pada artikel kali ini kita akan belajar software Aspen Hysys secara step by step dengan materi dasar. Pada materi kali ini kita akan membuat suatu gas plant yang terdiri dari unit-unit operasi yang berkaitan dengan industri gas production.

1. Gas Plant Case

Belajar Hysys Gratis

 

Pada case ini kita akan membuat gasplant dengan melakukan permodelan di Aspen Hysys dengan membuat plant refigerasi gas alam dengan berbagai macam unit operasi seperti separator, gas heat exchanger, chiller, LTS (Low Temperature Separator) Separator dan kolom depropanizer.

Dalam simulasi ini, aliran gas alam mengandung Nitrogen (N2), Karbondioksida (CO2) dan gas-gas hidrokarbon mulai dari C1 hingga n-C4. Gas-gas alam tersebut akan akan di proses di dalam sistem refigerasi unttuk melepaskan gas hidrokarbon yang lebih berat. Gas yang lebih ringan dan kering yang tersebut akan memenuhi spesifikasi dew point hidrokarbon yang akan mengalir pada sistem perpipaan. Cairan yang mengalami pemisahan pada separator akan di proses dalam kolom depropanizer. Pada kolom depropanizer akan dihasilkan produk dengan kandungan propana yang diinginkan. Gas propana ini selanjutnya dapat di jual untuk keperluan industri atau bahan bakar, dapat juga di proses lebih lanjut. Namun, pada case ini kita cukup untuk menghasilkan gas propana pada simulasi ini.

2. Flowsheet yang terjadi pada proses gas plant.

Belajar Hysys Gratis

Gambar diatas merupakan flowsheet yang akan kita kerjakan pada simulasi gasplant di hysys. Pertama-tama 2 feed dicampurkan kedalam mixer. Mixer kemudian menggabungkan kedua aliran feed dan masuk menuju inlet separator yang memisahkan cairan pada gas tersebut , sedangkan aliran atas gas dari separator diumpankan ke gas heat exchanger yang merupakan pendinginan awal dalam sistem refigerasi ini. Gas dingin ini kemudian diumpankan ke chiller, kemudian gas tersebut didinginkan oleh pertukaran gas hasil penguapan gas propana yang ditunjukkan oleh aliran C3Duty.

Di dalam chiller, (di modelkan menggunakan operasi pendingin) hydrokarbon yang cukup berat akan terkondensasi hingga akhirnya sales gas memenuhi dew spesifikasi dalam perpipaan. Aliran dingin kemudian dipisahkan dalam LTS separator.

Gas dingin yang sudah kering dari LTS separator diumpankan kembali menuju gas heat exchanger dan ke sales gas, secara bersamaan cairan yang terkondensasi dari LTS dicampur dengan cairan dari inlet separator. Cairan yang telah di satukan ini diproses dalam kolom depropanizer untuk menghasilkan produk bawah dengan kandungan gas propana.

3. Pelajaran yang akan kita pelajari pada simulasi ini.

Belajar Hysys Gratis

Turtorial ini membantu kita untuk mempelajari simulasi Aspen Hysys steady state dari dasar. Kita akan mempelajari :

1. Penentuan satuan dari pengukuran

2. Memilih komponen kimia dari library

3. Memilih package property ( kumpulan metode perhitungan )

4. Masuk ke dalam simulasi

5. Menambahkan dan mendefinisikan aliran Feed

6. Menambahkan dan mendefinisikan unit operasi yang mengarah ke kolom

7. Menambahkan dan mendefinisikan kolom operasi

8. Menyiapkan monitoring dan melakukan report operasi untuk disimpan hasilnya.

Untuk mempelajarinya silahkan klik post memulai simulasi di hysys. Alangkah lebih baik jika kita mempelajarinya step by step secara berurutan, karena case ini akan terus membahas case gasplant hingga akhir.