Memasang 2 unit operasi pada Hysys : Mixer dan Separator

Memasang berbagai unit operasi di Hysys

Setelah kita menentukan aliran feed yang akan kita masukkan dalam simulasi, selanjutnya kita akan memasang berbagai unit operasi dalam simulasi di case gasplant ini. Berikut langkah-langkah-nya:

1. Memasang Mixer pada simulasi

Sekarang kita pasang unit operasi untuk memproses gas. Unit operasi pertama yang akan kita pasang yaitu mixer yang berfungsi untuk menggabungkan 2 aliran feed.

Memasang unit operasi di hysys dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu metodenya yaitu lewat tab unit operasi yang ada di workbook. Workbook merupakan spreadsheet yang berisi keseluruhan simulasi yang dibagi kedalam beberapa tipe objek dan jenis simulasi yang berbeda. Kita bisa menggunakan workbook sebagai alternative untuk menambahkan, mengedit, atau menghapus operasi dari case.

1.1. Klik folder workbook di panel navigasi. Klik tab unit ops pada workbook

1.2. Klik “Add UnitOp”. Selector UnitOps akan muncul menampilkan seluruh unit operasi.

1.3. Pilih mixer dan klik add
Belajar Hysys

1.4. Mixer ditambahkan dan tampilan mixer property muncul. Klik cancel untuk menutup selector tersebut.

Seperti aliran, tampilan property pada unit operasi berisi semua informasi yang mendefinisikan operasi diatur dalam tab dan halaman. ( 4 Tab yang ditampilkan untuk Mixer : Desain, rating, worksheet, dan dynamic yang muncul di tampilan property untuk sebagian besar Operations)

Hysys akan memberi nama bawaan MIX-100 untuk mixer. Seperti halnya aliran, skema penamaan bawaan unit operasi bisa dirubah pada tampilan property session preferences. Status bar berwarna merah yang ada di bawah tampilan property memperlihatkan operasi membutuhkan sebuah aliran feed.

1.a. Pada inlet grup, klik tanda panah cari feed 1.

1.b. Pilih feed 1 dari list. Aliran ditambahkan ke list inlet.

1.c. Ulangi cara tadi untuk aliran feed 2.

Sekarang, status indicator menampilkan tulisan “ Requires a product stream”. Disini kita akan melihat bagaimana cara menambahkan aliran baru ke flowsheet secara langsung dengan unit operasi.Belajar Hysys

1.d Klik outlet field

1.e Ketik Mixer Out dalam kolom dan tekan Enter. Hysys akan menyadari tidak ada aliran yang bernama MixerOut, sehingga hysys akan membuat aliran baru dengan nama tersebut. Saat ini tampilan status indicator berwarna hijau OK, yang menandakan operasi dan aliran yang ada telah selesai dihitung.

1.f Klik Parameters.

1.g Pada Automatic Pressure Assignment group, biarkan pengaturan bawaan pada set outlet ke lowest inlet.

Hysys telah menghitung aliran pada outlet dengan mengkombinasikan 2 inlet dan campuran pada tekenan terendah dari aliran-aliran inlet. Pada case ini, kedua inlet mempunyai tekanan yang sama yaitu 600psia, jadi aliran outlet di set sebesar 600psia juga.

Untuk melihat hasil perhitungan nilai dari aliran outlet, klik pada tab worksheet dan pilih conditions. Tab worksheet adalah tampilan property workbook secara ringkas, yang hanya menampilkan aliran pada operasi sistem.

Sekarang, Mixer telah selesai didefinisikan, tutup tampilan property untuk kembali ke workbook. Operation baru muncul di table pada tab unit Ops dari workbook.

Pada table menampilkan nama operasi, jenis objeknya, aliran yang di masukkan  apakah itu diabaikan dalam simulasi dan level perhitungannya.

Ketika kita memilih operation pada tabel, dan klik View UnitOp, tampilan operation yang di pilih akan muncul. Cara lainnya yaitu double klik pada kolom manapun (kecuali inlet, outlet dan ignored) yang terkait dengan operation juga membuka tampilan property operasi.

Belajar Hysys

Ketika salah satu dari nama , jenis objek, ignored atau calc. Sel-sel level telah aktif, kotak dibagian bawah dari workbook menampilkan semua aliran yang melekat pada operation saat ini.

2.Memasang Inlet separator

Selanjutnya kita akan memasang dan mendefinisikan inlet separator, yang difungsikan untuk mensplit 2 fasa aliran dari keluaran mixer kedalam fasa vapour dan fasa liquid. Berikut langkah-langkah dalam memasang inlet separator :

1. Klik workbook pada panel navigasi dan pada tampilan workbook klik Unit Ops

Belajar Hysys

2. Klik Add UnitOp dan pilih separator

Belajar Hysys

3. Klik Add. Tampilan property separator akan muncul menampilkan laman connection pada tab desain. Pada kolom Name, rubah nama ke InletSep dan tekan Enter.

4. Klik panah di sebelah kanan sel <<Stream>> dan pilih stream MixerOut

5. Pada kolom Vapour Outlet , ketik SepVap dan tekan enter untuk membuat aliran vapour outlet.

6. Klik pada kolom liquid outlet, ketik nama SepLiq dan tekan enter. (Aliran energy dapat di masukkan untuk memanaskan atau mendinginkan isi vessel tetapi untuk case ini aliran energy tidak diperlukan).

Belajar Hysys

7. Untuk melihat perhitungan data aliran outlet, klik pada tab worksheet di conditions. Ketika selesai tutup tampilan property separator.

Belajar Hysys

3. Menggunakan Fitur Workbook

Sebelum memasang unit operasi yang tersisa, kita akan melihat beberapa fitur workbook yang dapat mengakses informasi secara cepat dan melihat informasi yang ditampilkan.

3.1Menambahkan Variable-Specific Tab ke dalam Workbook

Kita bisa melakukan kustomisasi workbook untuk menampilkan informasi secara spesifik . Pada bagian ini kita akan membuat tab workbook baru yang hanya mena mpilkan stream pressure, temperature, dan flow.

3.a. Pilih workbook dari panel navigasi

3.b. Pada ribbon, pilih tab workbook

3.c Pada ribbon workbook klik Setup. Tampilan setup property workbook akan muncul

Belajar Hysys

4 tabs yang telah di list pada kotak workbook. Ketika kita menambahkan tab baru, tab tersebut akan dimasukkan sebelum tab yang disorot ( pada saat ini Material Streams )

3.d Pada list group workbook, pilih tab compositions

3.e Pada tab workbook group klik add. Tampilan tipe objek properti baru akan muncul

3.f Klik icon stream untuk mencari material stream dan energy streams

3.g Pilih material stream dan klik OK. Kita akan kembali ke tampilan setup property dan tab baru akan muncul pada daftar list setelah tab material streams yang sudah ada

3.h Pada group object, klik kolom nama dan rubah namanya untuk tab baru menjadi P,T, flow. Selanjutnya kita akan kustomisasi tab dengan menghilangkan variable-variabel yang tidak relevan.

3.i Pada group variable, tekan dan tahan Ctrl dan pilih vapour fraction, Mass Flow, Heat flow, dan Molar Enthalpy. 4 Variabel sekarang telah di pilih. Lepas Ctrl.

3.j Klik tombol delete. Variabel-variabel tersebut telah dihapus dari list.

Belajar Hysys

Tutup tampilan setup property untuk kembali ke tampilan property workbook dan cek tab baru, setelah ini simpan case ini.

Belajar Hysys

Selanjutnya kita akan belajar cara mendefinisikan Heat exchanger dan Chiller di post berikutnya.