Cara mudah memulai simulasi di Aspen Hysys selesai dalam 15 menit!

Cara mudah memulai mengerjakan simulasi di Aspen Hysys

Belajar Hysys Gratis

Pada tahap awal ini kita memulai simulasi di HYSYS dengan case yang telah di jabarkan pada bagian pendahuluan tadi. Kita mulai secara step by step agar kita dapat mempraktekkannya pada HYSYS masing-masing. Hysys yang akan saya gunakan yaitu Hysys v.11, namun bila anda menggunakan Hysys dengan versi yang berbeda, tidak masalah karena untuk pengerjaan dan hasil tidak akan berbeda. Mari kita mulai mengerjakan simulasi bersamaan secara step by step. Kencangkan sabuk pengaman anda, kita masuk ke simulasi di Aspen Hysys.

1. Mulai dengan klik file pilih new case

Belajar Hysys

Pertama-tama kita mulai membuat case baru dengan cara pilih file dan klik new lalu pilih case atau cara shortcutnya dengan klik Ctrl+N.

2. Hysys akan membuka data properties

Belajar Hysys

Setelah data properties terbuka, kita akan melihat beberapa pilihan properties. Disini kita perlu menentukan komponen dan metode perhitungan yang terlibat sebelum kita menempatkan unit operasi pada lembar kerja. Pada data properties dapat ditemukan item yaitu “component list” dan “fluid packages” dengan icon berwarna merah, artinya kedua item itu belum terdefinisi.

Kedua komponen ini memiliki ikon berwarna merah, dikarenakan ada data minimum yang dibutuhkan untuk memasuki dan memulai suatu simulasi. Sedangkan pada tab lain seperti petroleum assays, reactions dan lainnya merupakan pilihan yang ditandai dengan tanda ceklis biru walaupun belum ada data yang terdefinisi didalamnya.

3. Membuat set satuan baru

Hysys memiliki beberapa set unit / satuan bawaan berbeda yang tidak dapat di modifikasi. Jika kita ingin mengedit unit pada saat memulai case , salah satu set unit dapat dikloning terlebih dahulu dan kita dapat menetapkan set unit ke simulasi. Mari kita langsung ke contohnya.

Untuk contoh ini, kita membuat set satuan baru berdasarkan set field Hysys yang kemudian akan disesuaikan. Untuk membuat satuan baru langkah-langkah nya sebagai berikut :

3.1. Klik file lalu klik Options.Belajar Hysys

3.2. Pada tampilan simulation, klik Units of measure.
Belajar Hysys

3.3 Pada set unit yang tersedia pilih field set dan klik copy. Set satuan baru bernama NewUser selesai dibuat.

Belajar Hysys

3.4. Pada set unit NewUser ganti nama dengan “GasProcess” dan tekan enter. Sekarang kita bisa merubah satuan untuk setiap variable yang terhubung dengan set satuan yang baru. Untuk contohnya pada tampilan molar flow dapat dilihat satuan default nya adalah lbmole/hr, satuan yang lebih tepat untuk case ini adalah MMSCFD. Scroll ke bawah dari molar flow dan klik MMSCFD.

Belajar Hysys

3.5. Klik OK untuk menutup tampilan property.

Satuan yang telah di pilih merupakan satuan yang akan berlaku ketika kita menjalankan simulasi di Hysys.

Catatan : Pengaturan bawaan disimpan dalam file yang bernama HYSYS.prf. Kita dapat menyimpan perubahan satuan file preferensi baru dengan klik tombol save pada pengaturan preferensi, yang nantinya dapat kita muat dalam case simulasi dengan klik load preference set.

4. Menambahkan berbagai komponen ke “component list”

Sekarang kita akan menambahkan komponen senyawa untuk gasprocess ke component list. Ketika case baru dimulai, Hysys membuka properties dan component list sesuai bawaan .

4.1. Klik tombol add dan pilih Hysys.

Belajar Hysys

4.2. Jendela baru akan muncul yang menampilkan list dari berbagai komponen.

Belajar Hysys

Untuk pembelajaran ini, kita akan menambahkan komponen-komponen berikut : N2,CO2,C1,C2,C3,i-C4 dan n-C4.

4.3. Pertama kita menambahkan Nitrogen:

4.4. Di kolom “search by” pilih Full Name / Synonim

4.5. Kemudian di kolom “search for” , tulis Nitrogen

Hysys akan memfilter hasilnya dengan melihat apa yang kita ketik.

4.6. Klik Nitrogen, klik tombol add untuk menambahkan nitrogen ke dalam composition list. Kita juga bisa menggunakan filter options untuk menampilkan hanya komponen dengan family tertetntu.

4.7. Sekarang kita tambahkan sisa komponennya, pada case ini : CO2 dan C1 sampai n-C4

4.8. Tambahkan komponen CO2 ke component list.

4.9. Untuk menambahkan C1 – n-C4 menggunakan filter, tentukan filter ke Hydrocarbon

Belajar Hysys

4.10. Klik add. Komponen-komponen ini ditambahkan ke daftar komponen.

4.11. Setelah itu kita dapat lihat bahwa status dari component lists sudah biru, artinya data yang dimasukkan sudah lengkap.

Catatan : Cara meninjau dan mengedit properties komponen

Belajar Hysys

Untuk melihat peoperties dari komponen, double klik pada list. Hysys akan membuka tampilan properties komponen yang kita pilih. Tampilan ini hanya menampilkan tampilan dari informasi komponen.

Kita tidak dapat memodifikasi parameter-parameter yang ada pada library component. Meskipun begitu, Hysys mengizinkan kita untuk mengkloningkan sebuah library component sebagai komponen hypothetical yang kita dapat memodifikasinya sesuai apa yang kita inginkan.

5. Memilih property package untuk membuat fluid package.

Pada tahap ini, setelah kita menentukan komponen list , kita dapat menyelesaikan pendahuluan ini dengan mengaitkannya dengan  property package. Sebuah property package mencakup persamaan yang digunakan untuk memodelkan perilaku termodinamika senyawa murni dan campuran. Ada beberapa package property yang tersedia di Hysys. Package yang paling sering digunakan adalah Peng – Robinson Package.

Ketika kita memadukan component list dengan property package, maka kita telah membuat fluid package. Fluid package disini membawa semua informasi yang dibutuhkan untuk memulai mendefinisikan simulasi pada flowsheet.

Membuat fluid package :

5. 1. Klik fluid package pada panel navigasi. Pada jendela fluid package, klik add dan klik Hysys. Fluid package baru ditambahkan ke panel dengan nama Basis-1.

Belajar Hysys

5.2. Dari kolom property package selection, pilih Peng-Robinson. Pilihan setup tersedia untuk metode Peng-Robinson akan muncul di list sebelah kanan.

5.3. Karena hanya ada 1 komponen list yang ditentukan untuk untuk simulasi ini, maka akan muncul data secara standar seperti yang dipilih dalam component list selection. Jika kita memiliki lebih dari 1 komponen list, maka kita harus memasangkan komponen list yang lain dengan property package yang lainnya juga. Ketika property package dan component list telah dipilih, fluid package telah dapat terdefinisi. Ikon merah pada list “Basis-1” di panel navigasi berubah menjadi ceklis biru yang menandakan fluid package telah siap digunakan.

Belajar Hysys

Definisi :

a. Component List : Daftar dari komponen-komponen kimia yang diambil dari komponen pustaka yang akan digunakan pada simulasi.

b. Property Package : Kumpulan metode kalkulasi Hysys yang akan digunakan untuk menentukan nilai-nilai dari variable yang berbeda

c. Fluid Package : Kombinasi dari Component List dan Property Package.

6. Menyimpan Case

Sebelum diproses, alangkah baiknya case ini di save terlebih dahulu dengan memilih save dari menu file, atau menekan Ctr+S. Jika case ini pertama kali disimpan , save as property akan muncul.

Pada kolom Name, tulis nama untuk case, contohya gasplant (kita bebas untuk menyimpan nama dari case ini). Kita tidak perlu menuliskan ekstensinya seperti .hsc, Hysys akan otomatis menambahkannya (.hsc merupakan ekstensi file dalam software Aspen Hysys). Kemudian enter klik save untuk menyimpan case yang telah kita kerjakan.

Belajar Hysys

Sampai sini dulu untuk artike memulai simulasi dalam Hysys, kita akan lanjut di artikel selanjutnya untuk masuk ke dalam simulasi dan mengerjakan simulasi untuk case gas plant ini.

Jika anda masih belum paham untuk case ini, bisa mengerjakan kembali case ini dengan perlahan secara step by step atau bisa menanyakan di kolom komentar. Goodluck! Selanjutya kita lanjut ke artikel berikutnya.