6 Langkah membuat streams dalam simulasi pada Hysys

Membuat simulasi di Hysys

Setelah kita menentukan component list dan fluid package yang telah kita siapkan sebelumnya, maka kita bisa langsung masuk ke dalam simulasi proses. Untuk masuk ke dalam simulasi, klik tab “simulation” di sebelah kiri bagian bawah pada panel navigasi. Pada simulasi, beberapa item yang berbeda akan tersedia pada tab ribbon. Berikut langkah-langkah yang akan kita kerjakan untuk memulai simulasi setelah kita menentukan component list dan fluid package.

1. Menampilkan palette Object

Palette object akan ditampilkan pada desktop (apabila palette object tidak muncul, klik view pada ribbon, kemudian pilih palette object). Palette object berisi semua yang akan kita masukkan dalam simulasi seperti aliran dan unit operasi. Kita dapat mencari berbagai unit operasi dengan menuliskan pada kolom pencarian, sehingga unit operasi yang kita inginkan akan muncul pada palette object tersebut.

Belajar Hysys

Setelah kita klik tab simulasi tersebut terdapat 2 item yang baru yaitu flowsheet untuk mengerjakan process flow diagram dan juga palet objek yang langsung terbuka di layar.

2. Menentukan Feed Conditions

Selanjutnya kita akan menetapkan kondisi feed minimum. Kita akan memberi nama aliran dan menentukan temperature, tekanan dan aliran molar. Berikut langkah-langkah dalam menentukan kondisi feed.

2.1. Double klik pada ikon aliran untuk membuka tampilan property aliran. Kebanyakan tampilan property pada hysys dibagi kedalam tab dan tiap tab dibagi lagi ke beberapa halaman yang sebaiknya dibuka pada tab worksheet pada halaman “conditions”

2.2. Pada nama aliran, masukan nama Feed 1.

Belajar Hysys

2.3. Masukkan 60°F pada kolom temperature. Pada list satuan hysys menampilkan satuan bawaan untuk temperature pada kasus ini Farhenheit klik enter. Kemudian tekanan, jika kita mengetahui satuan lain untuk tekanan selain psia misalkan satuan bar, hysys tetap akan menerima data tersebut dan otomatis akan mengkonversikan data bar ke psia. Pada contoh ini tekanan pada Feed 1 adalah 41.37 bar, setelah kita masukkan tekanan tersebut otomatis terkonversi menjadi 600 psia.

2.4. Pada kolom molar flow, masukkan angka 6 dan enter. Satuan molar flow sudah default yaitu MMSCFD , jadi kita tidak perlu memodifikasi satuannya.

Belajar Hysys

3. Menentukan komposisi pada aliran

Sekarang kita harus menentukan berapa banyak kandungan tiap komponen yang ada pada aliran. Berikut langkah-langkah dalam menentukan komposisi pada aliran:

3.1. Klik tab composition pada worksheet. Secara bawaan komponen yang di list memiliki satuan fraksi mol.

3.2. Klik kolom mole fraction untuk komponen nitrogen. Masukkan 0.01 dan klik enter. Akan muncul tampilan komposisi yang harus diinput untuk property aliran.

Belajar Hysys

Tampilan ini didesain untuk mempersingkat spesifikasi dari komposisi pada aliran dan untuk menyelesaikan input komposisi pada aliran.

3.3. Klik kolom mole fraction untuk CO2, ketik 0.01, lalu tekan enter

3.4. Masukkan fraksi mol lainnya seperti tabel berikut

                                         Belajar Hysys

3.5. Ketika kita telah memasukan semua fraksi mole pada tiap komponen, jumlah dari semua komponen akan bernilai 1 mole.

3.6. Klik OK dan hysys akan memasukkan komposisi yang telah kita tentukan. Aliran sekarang telah terdefinisi, sehingga Hysys akan langsung menentukan properties yang tersisa seperti fasa vapour dan fasa liquid.

Belajar Hysys

Pada tampilan properties dari feed 1, klik conditions untuk kembali ke halaman conditions. Perhitungan properties yang telah dihitung oleh hysys telah masuk. Nilai yang kita masukkan berwarna biru, sedangkan nilai yang dihitung oleh hysys berwarna hitam. Aliran-aliran dengan fasa lebih dari 1, scroll ke samping untuk melihat tampilan properties untuk tiap fasa.

Belajar Hysys

4. Membuat aliran feed ke 2

Selanjutnya kita akan membuat aliran feed yang ke 2 dengan menentukan kondisi feed ke 2 dengan cara yang sama seperti penentuan kondisi aliran feed yang pertama. Berikut merupakan langkah-langkah dalam menentukan kondisi aliran pada feed yang ke 2:

4.1. Gunakan palet objek untuk menambahkan aliran ke 2 dan masukkan data-data sebagai berikut:

Belajar Hysys

4.2. Selanjutnya, pilih halaman composition dan klik tombol edit. Akan muncul tampilan untuk meng input komposisi senyawa pada aliran yang dipilih. Pengaturan basis yang sedang digunakan adalah fraksi mol yang disesusaikan dari pengaturan awal. Kita harus memasukan komposisi pada aliran ke mass fractions. Rubah basisnya ke mass fractions, lalu masukkan data sebagai berikut

Belajar Hysys

4.3. Masukkan nilai fraksi massa untuk komponen yang tersisa seperti dapat kita lihat pada table diatas ( Feed 2 tidak mengandung CO2, sehingga kita tidak tahu nilainya berapa )

4.4. Klik normalize setelah nilai-nilai tersebut dimasukkan

Belajar Hysys

4.5. Klik Ok untuk menutup tampilan input composition, kemudian pada tab compositions rubah basis menjadi mass flow untuk mendefinisikan nilai mass flow. Didapatkan nilai mass flow sebesar 10999,68 lb/hr atau 4989 kg/hr. Kemudian Hysys akan secara cepat menghitung perhitungan untuk menemukan nilai dari senyawa yang belum teridentifikasi nilainya, yang setelah terhitung aliran akan mengindikasikan OK dengan warnanya berubah menjadi hijau.

Belajar Hysys

5. Menampilkan analysis tools untuk memonitor Diagram Fasa pada aliran

Hysys dapat menampilkan tools untuk analisis dan monitoring ke dalam objek flowsheet. Disini kita akan belajar bagaimana caranya melampirkan diagram fasa untuk sebuah aliran menggunakan tool bernama Hysys envelop analysis.

Tool ini merupakan kesatuan yang terpisahkan dari aliran atau objek yang dilampirkan. Jika kita menghapusnya, host object tidak terpengaruh. Begitu juga, jika kita menghapus aliran, tool ini akan tetap sebagai objek dalam folder analysis pada panel navigasi, tetapi tidak akan menampilkan informasi apapun sampai kita memasukkan aliran yang lain ke dalamnya. Berikut langkah-langkah dalam menampilkan diagram analysis tools:

Belajar Hysys

5.1. Pada tampilan property untuk aliran feed 2, pada tab attachments pilih Analysis.

5.2. Klik Create

5.3. Pada tampilan available analysis property, pilih envelop dan klik add. Maka akan muncul tampilan analysis envelop property. Kemudian klik tab performance, hysys akan membuat dan menampilkan sebuah plot phase envelop untuk aliran tersebut.

Klik kanan pada grafik untuk menampilkan tampilan, zoom dan print controls.

5.4. Klik tab performance, lalu pilih Plots. Tipe bawaan envelop yaitu PT. Untuk melihat tipe envelop yang lain, pilih button lain yang sesuai yang ada dalam envelop group. Tergantung envelop mana yang dipilih, kita dapat melihat secara spesifik dan menampilkan quality curves, hydrate curves, Isoterm, dan isobar.

Untuk membuat tampilan envelop property agar lebih mudah dibaca yaitu dengan memaximize atau meresize tampilan property.

Belajar Hysys

5.5. Tutup tampilan analisis dan property feed 2

Selanjutnya kita akan belajar memasang unit mixer dan separator di post berikutnya.