Cara menentukan fluid package dalam Hysys dengan mudah

belajar hysys

Kali ini kita akan memulai kembali belajar hysys dari dasar step by step dengan terlebih dahulu menentukan komponen, property package yang artinya kita bisa menentukan fluid package. Sebelumnya, fungsi fluid package itu apa sih? Fluid package dapat memungkinkan kita untuk menghitung properties fisika dan kimia untuk komponenen dari komponen yang telah kita masukkan. Sehingga rumusnya dapat dibuat component list + property package yaitu fluid package itu sendiri. Contoh Fluid package diantaranya Peng-Robinson yang paling sering dipakai dalam perhitungan, NTRL, UNIQUAC dan masih banyak lainnya. Langsung saja kita masuk ke latihan dengan menentukan komponen pada component list.

Kali ini kita akan membahas mengenai Hypothetical komponen. Kadang-kadang komponen yang perlu ditambahkan tidak teredia di database. Hal ini terjadi dikarenakan komponen tersebut tidak ada di list atau karena komponen tidak diketahui secara pasti. Di dalam industri petrokimia kita pasti sering bekerja dengan menentukan komponen hypothetical. Komponen hypothetical dapat ditentukan oleh analisis lab, tetapi tidak ada informasi secara umum yang diketahui tentang struktur kimia selain dari titik didih atau berat molekul. Pada case ini kita akan menentukan komponen hypothetical sebagai salah satu dari banyak senyawa petrokimia pada rentang suhu 500-900 derajat celcius. Pertama-tama kita masuk ke dalam component list dan masukkan komponen Hypothetical.

belajar hysys

 

Cara memasukkan komponen hypothetical yaitu dengan memilih “Hypothetical” di kolom select. Kemudian, kita atur titik didih awalnya 500°C dengan titik didih akhir 900°C pada interval 50 °C. Masukkan komponen hypothetical pada titik didih tengah yaitu 700°C NBP[0]700*. Kemudian, masukkan komponen lainnya, yaitu H2O dan CO2 kedalam component list. Maka pada simulasi ini, kita memiliki 3 komponen yaitu H2O, CO2 dan NBP[0]700* yang merupakan komponen hypothetical.

belajar hysys

 

Langkah selanjutnya adalah menentukan property package untuk mendapatkan fluid packages. Kita bisa saja salah dalam memilih atau memprediksi properties dari komponen kimia, solusinya kita dapat memilih methods assistant yang telah disediakan yang terdapat dalam home bar.

belajar hysys

Dengan method assistant , ini akan membantu kita dalam menjawab sistem yang akan kita tentukan. Mari kita coba dengan klik methods assistant, kemudian akan muncul halaman help untuk hysys seperti gambar berikut :

belajar hysys

 

Dapat dilihat dalam page tersebut kita akan mendapatkan berbagai informasi yang diperlukan untuk mengerjakan simulasi dalam hysys mulai dari property package apa yang sesuai dengan simulasi, fluid package, perhitungan termodinamika yang digunakan, reaksi dan lain sebagainya. Page ini diperlukan apabila kita ingin mengerjakan simulasi, namun tidak yakin dalam konsep yang akan kita terapkan dalam perhitungan di hysys.

belajar hysys

 

Pada case ini kita masih bingung menentukan property package apa yang digunakan untuk component list yang akan kita simulasikan. Caranya cukup mudah masuk ke property package selection, disana kita dapat menemukan jawaban. Untuk case ini kita akan menggunakan hydrokarbon, dapat dilihat di halaman tersebut kita dapat menggunakan berbagai property package, mari kita pilih property package peng-robinson untuk case ini.

belajar hysys

Pada property package pilih Peng-Robinson, dimana pada tab options kita dapat menemukan metode-metode yang digunakan dalam perhitungan Peng-Robinson. Untuk lebih detailnya, kita dapat klik edit properties, maka akan muncul halaman “editing properties” seperti pada gambar berikut.

belajar hysys

 

Pada halaman ini, kita dapat melihat perhitungan apa saja yang digunakan dalam package property yang kita pilih, mulai dari perhitungan Antoine, titik didih dan lainnya yang digunakan. Kemudian kita juga dapat membuat multiple komponen, dengan cara yang sama. Ini sangat berguna apabila sistem kita memiliki komponen yang sangat berbeda baik dari segi perhitungan dan lainnya. Pada case ini perhitungan peng robinson sangat tidak dianjurkan dalam perhitungan komponen glikol. Sehingga kita akan buat komponen lainnya yaitu glikol begitu juga dengan property package untuk glikol.

belajar hysys

Klik component list, kemudian tambahkan glikol dengan kembali klik add dan tambahkan glikol. Kemudian kita juga akan menentukan property package yang pas untuk glikol yaitu “glycol package”, apabila kita tidak yakin untuk pemilihan property package ini, kita dapat melihat pada halaman help tadi yang telah kita pelajari.

belajar hysys

Langkah selanjutnya yaitu memasukkan aliran ke dalam worksheet. Rubah nama aliran tersebut menjadi Fuel. Masukkan temperature 30°C, tekanan 1 atm atau 101,3 kpa dan laju alir 100 kg/hr sesuai kondisi lingkungan.

belajar hysys

Masukkan komposisi pada aliran tersebut dengan 0,5 fraksi mol H2O, komponenen hypothetical 0,5 dan CO2 0,0 sehingga didapat total komposisi full 100% fraksi mol dalam aliran fuel tersebut.

belajar hysys

Sekarang kita tinjau di tab attachments pada aliran tersebut, pilih kolom analysis dan klik create untuk menambahkan envelope pada “available stream analysis”.

belajar hysys

Envelope dapat digunakan ukita untuk melihat informasi seperti dew point dan bubble pointdari aliran berikutnya, jika kita memberikan data tekanan dan temperaturkita dapat memprediksi fasa pada aliranyang akan masuk dengan memilih plot (PT) atau kita dapat melihat hubungan entalphy dan temperature dengan memilih plot (TH) dan lainnya.

belajar hysys

Hydrate formation utility dapat memprediksi pembentukan dari hydrat dibawah kondisi aliran yang sedang mengalir.

belajar hysys

Pada tab hydrate formation at stream conditions, dapat dilihat bahwa pada kondisi aliran ini, tidak akan ada hydrat yang terbentuk.

Kita juga dapat membuat utilitas untuk memprediksi berapa ukuran pipa yang dibutuhkan untuk menjaga pressure drop per meter dalam range tertentu. Pada case ini kita buat. Kita akan menentukan pressure drop yang hilang permeter yaitu 50kpa.

belajar hysys

Sehingga akan didapatkan minimal ukuran diameter pipa bagian dalam adala 1 inc atau 26,64 mm. Jika kita mengguakan ukuran pipa yang lebih kecil, pressure drop akan menjadi lebih tinggi dapat melebihi 50kpa.